Mirip Kotoran Namun Harganya Sangat Mahal, Ternyata Benda Yang Ditempukan Pria Ini Adalah...

jamur truffle hitam

Sekilas bentuknya mirip onggokan gumpalan kotoran kuda atau sapi, tapi jangan salah benda ini harganya bikin Anda akan tercengang.

Dilansir Metro, benda itu adalah jamur truffle hitam yang ditemukan oleh pria Australia, Stuart Dunbar beserta anjing peliharaannya.

Berat benda temuannya itu mencapai 1,5 kilogram, yang diperkirakan Dunbar memecahkan rekor dunia jamur hitam paling berat yang pernah ditemukan di dunia.

Harga keseluruhan sekitar $30.000 Australia, atau sekitar Rp 30 juta.

Rekor terdahulu adalah truffle hitam yang ditemukan di Bordeaux, Perancis pada 2012, dengan berat 1.277 gram.

Dunbar yang merupakan pemilik Yarra Valley Truffles di Australia menemukan truffle hitam bersama anjingnya yang bernama Lani pada Kamis (18/8/2016).

Saat itu Dunbar mengajak Lani melindungi bunga anggreknya dari cuaca panas.

Ketika berada di lahan, ia merasakan ada sesuatu di tanah.

"Saya merasa ada truffle, dan setelah saya menggali lubang besar di tanah, 45 menit kemudian saya menemukannya," kata Dunbar.

Menurut Dunbar, tidak ada penghargaan resmi terkait temuan truffle hitamnya. Tetapi berat truffle ini memang besar dari yang ditemukan di Bordeaux.

Truffle hitam adalah jamur paling mahal di dunia, setelah truffle putih. Populasi jamur truffle yang sangat langka membuat harga jualnya selangit.

Dunbar menjual truffle hitamnya seharga $ 2,5 Australia per gram. Sebab dengan berat 1,5 kilogram, truffle itu terlalu besar untuk dimasak seorang koki.

Kini Dunbar menyimpan jamurnya di dalam lemari pendingin.

"Saya menyimpannya. Saya sudah melumurinya dengan alkohol," kata pria itu.

Dengan pengawetan dan pendinginan, truffle ini bisa tahan beberapa tahun.

Sumber: Tribunnews