Subhanallah, Mohammad Bersepeda dari Xinjiang China Untuk Tunaikan Ibadah haji

Bersepeda dari Xinjiang China Untuk Tunaikan Ibadah haji

Tekanan besar yang tengah dialami umat Islam di Xinjiang, China tidak menghalangi Mohammad untuk menunaikan ibadah haji ke tanah suci. Dengan sekuat tenaga, dia mengayuh sepeda dari kota kelahirannya di Negeri Tirai Bambu hingga ke Mekkah di Arab Saudi.

Mohammad masuk dari Kota Taif, bagian barat Saudi. Jarak yang sudah ditempuh sekira 8.150 kilometer. Setibanya di kota tersebut, dia disambut oleh komunitas sepeda setempat, untuk selanjutnya dikawal menuju Mekkah.

“Kami adalah komunitas bersepeda pertama di Arab Saudi yang menyambut kedatangan pengendara sepeda dari China tersebut. Kami berharap ke depannya akan ada komunitas lain yang mengajaknya dan memperkenalkan kota mereka padanya,” kata ketua komunitas sepeda di Taif, Nayef Al Rawas, seperti disitat dari Gulf News, Rabu (24/8/2016).

Sayangnya, belum diketahui alasan Mohammad menjalankan ibadah haji dengan mengendarai sepeda tersebut. Meskipun Pemerintah China bersikap keras dengan umat Islam di kawasan Xinjiang yang dianggap pemberontak, tetap ada calon jamaah haji yang dikirim ke Mekkah.

Ibadah haji merupakan acara tahunan yang sangat penting artinya bagi umat Islam di seluruh dunia, mengingat hal itu tercantum dalam lima rukun Islam. Sedikitnya tiga juta umat Islam berkumpul di Mekkah setiap tahunnya.

Tahun ini, Pemerintah China melepas 14.500 warga Muslimnya untuk mengikuti ibadah haji yang akan diadakan bulan depan. Sedikitnya 11 ribu jamaah haji China telah sampai di kota tujuan ziarah dengan menaiki 37 maskapai penerbangan yang berbeda.