Miris, Inilah Video Beruang Madu Makan Kotorannya Sendiri Karena Kelaparan di Bonbin Bandung


Kasus kekerasan terhadap hewan tampaknya semakin hari semakin mengkhawatirkan. Penyiksaan, percobaan pembunuhan, penelantaran, dan perburuan masih kerap terjadi hingga hari ini. Baru-baru ini, dilaporkan oleh Mashable, bahwa beruang madu di Kebun Binatang Bandung sampai 'mengemis' makanan pada pengunjung.

Seperti di lansir laman bintnag, kejadian tersebut direkam oleh Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group, para aktivis hak-hak binatang di sebuah kebun binatang di Bandung. Lebih gila, saking laparnya, beruang madu yang tampak kurus dan lemah itu memakan kotorannya sendiri, sesaat setelah ia mengeluarkannya dari dalam tubuh.

"Beruang-beruang diletakkan di kandang beton dan tidak ada rumput. Ada, namun tidak alami, itu semua sangat kejam," kata Marison Guciano, peneliti senior dari Scorpion Wildlife Trade Monitoring Group kepada Mashable. Lebih lanjut, kelompok tersebut telah mengirimkan penyidik ​​ke kebun binatang dari pertengahan tahun lalu untuk memantau habitat beruang.

Guciano menambahkan, "Ini merupakan salah satu kebun binatang terburuk di seluruh Indonesia. Mungkin akan lebih baik jika tempat ini ditutup sekarang, sebelum lebih banyak hewan mati kesakitan.". Kebun binatang Bandung juga terlibat dalam kasus dugaan kelalaian tahun lalu, ketika gajah Sumatera yang terancam punah meninggal setelah jatuh sakit.

Baca: Tanggapan Ridwan Kamil Atas Pemberitaan Beruang Makan Kotoran di Bonbin Bandung

Setelah video beruang yang diunggah pada Mei 2016 tersebut menjadi viral tersendiri di media sosial, petisi untuk menutup kebun binatang tersebut dimulai, dan telah mendapat lebih dari 200.000 tanda tangan. Netizen juga telah meninggalkan banyak komentar kritis pada kebun binatang pada halaman TripAdvisor. "Saya tidak bisa percaya bagaimana menjijikkan dan haramnya tempat ini," kata seorang komentator. Berikutvideonya: