Penyakit Tulang Bambu Diidap 'Manusia Kayu' dari Sragen

Penyakit Tulang Bambu Diidap 'Manusia Kayu' dari Sragen

Wanita asal Indonesia menderita penyakit langka. Ia mengidap Ankylosing Spondylitis yang tak memungkinkan tubuhnya bergerak leluasa. Namanya Sulami, wanita berusia 35 tahun asal Sragen, Jawa Tengah. Penyakit yang dijuluki sebagai tulang bambu itu membuat sekujur tubuh Sulami betul-betul kaku

Ankylosing Spondylitis terjadi karena tulang belakang dan area tubuh lainnya meradang. Biasanya, gejala awak ditandai dengan nyeri punggung, kekakuan, dan kelelahan ekstrem. Bahkan, di Amerika Serikat tidak tersedia obat untuk menyembuhkan atau mengembalikan kerusakan yang disebabkan oleh kondisi tersebut.

Namun, hingga saat ini pengobatan yang tersedia hanya untuk meringankan gejala dan membantu menunda perkembangannya. Dalam kebanyakan kasus, pengobatan yang dijalankan pasien seperti latihan, fisioterapi, dan obat-obatan. Kasus terburuk dari penyakit ini menyebabkan paisen tidak mampu bergerak. Ankylosing Spondylitis tidak memengaruhi harapan hidup seseorang, tetapi memicu beberapa kondisi serius.

Kondisi tersebut dapat mencetuskan risiko penyakit kardiovaskular, patah tulang belakang, infeksi paru-paru, hingga penyakit ginjal. Demikian dilansir dari Dailymail, Minggu (29/1/2017)

okezone.com