Polda Janji Akan Usut Bendera Indonesia Bertuliskan 'Kita Indonesia' dan 'Metallica'

Polda Janji Akan Usut Bendera Indonesia Bertuliskan 'Kita Indonesia' dan 'Metallica'Polda Metro Jaya berjanji akan mengusut kasus bendera Indonesia bertuliskan "Kita Indonesia" dan "Metallica". Pasalnya, bendera tersebut merupakan lambang negara, sehingga dilarang untuk diberikan tulisan apa pun.

Hal ini disampaikan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono seiring dengan bergulirnya isu dilaporkannya massa yang membawa bendera Indonesia yang diberi tulisan Arab.

"Sedang kita dalami (bendera tulisan Arab), itu kan ada undang-undangnya tentang lambang negara, kita punya undang-undangnya, tidak boleh (ada tulisan apa pun) ada aturannya di situ," ujar Argo di sela-sela rekonstruksi perampokan Pulomas di Jalan Pulomas Utara, Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (19/1).

Argo menegaskan bahwa barang siapa yang menambahkan tulisan di lambang negara Indonesia dapat dikenakan pidana. Begitu juga, kata dia, dengan bendera Indonesia dengan tulisan "Metallica" yang dibentangkan penggemar saat konser band tersebut di Gelora Bung Karno.

Namun, kata dia, untuk mengusut bendera Indonesia yang diberi tulisan tersebut pihaknya harus menunggu laporan terlebih dahulu. Laporan tersebut, kata dia, bisa dilayangkan polisi ataupun pihak lainnya.

"Kita berdasarkan laporan saja, nanti kita akan menindaklanjuti itu (bendera Metallica)," kata dia.

Selain itu, kata Argo, pihaknya juga akan mendalami adanya bendera Indonesia yang diberi tulisan "Kita Indonesia". Bendera tersebut diketahui muncul saat sekelompok masyarakat menggelar aksi di Bundaran HI, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

"Kita lihat prosesnya gimana di situ apakah itu langsung ditempel di kamar atau ditempel di jalan-jalan. Ya, nanti kita dalami lagi ya," kata mantan kabid humas Polda Jawa Timur tersebut.

Bendera merah putih yang dibubuhi tulisan sebenarnya bukan kali pertama. Yang paling menyita perhatian adalah saat Band Metallica menggelar konser di Senayan pada 25 Agustus 2013. Ketika itu para personel band membentangkan bendera merah putih dengan tulisan "Metallica Solo-Indonesia". Bendera dengan tulisan yang sama juga dibentangkan oleh fan grup musik beraliran heavy metal itu.

 Republika