Terungkap Sudah... Inilah Alasan Mengapa di Depan Tempat Wudhu Ada Kolam Air Yang Tingginya di Atas Mata Kaki

Kolam air di tempat wudhu

TolongShare - Alasan Mengapa di Depan Tempat Wudhu Ada Kolam Yang Tingginya Lebih Dari Mata Kaki.

Jika kita berkunjung ke masjid-masjid di daerah Semarang atau Jawa Tengah, seringkali kita mendapati sebuah kolam air yang berada di depan tempat wudhu sebelum kita masuk tempat wudhu.

Pernahkah kamu berfikir apa maksud kolam tersebut? Umumnya kolam berisi air di atas mata kaki kita.

Kamipun mencoba mencari tahu tentang hal ini. Akhirnya teka-teki tetang kolam tersebut terjawab.

Dalam sebuah hadist.

Hadits Darimi 700

أَخْبَرَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا جَعْفَرٌ هُوَ ابْنُ الْحَارِثِ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ هِلَالِ بْنِ يَسَافٍ عَنْ أَبِي يَحْيَى عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَيْلٌ لِلْأَعْقَابِ مِنْ النَّارِ أَسْبِغُوا الْوُضُوءَ

Celakalah tumit-tumit (yang tak terkena air wudhu, akan terkena oleh) api neraka, hendaklah kalian menyempurnakan wudhu. [HR. Darimi No.700].

Hadits Darimi No.700 Secara Lengkap

[[[Telah mengabarkan kepada kami [Yazid bin Harun] telah mengabarkan kepada kami [Ja'far Ibnu Al Harits], dari [Manshur] dari [Hilal bin Yasaf] dari [Abu yahya] dari [Abdullah bin 'Amr] ia berkata: Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Celakalah tumit-tumit (yang tidak terkena air wudhu, akan terkena oleh) api neraka, hendaklah kalian menyempurnakan wudhu."]]]

Hadits Darimi 701

أَخْبَرَنَا هَاشِمُ بْنُ الْقَاسِمِ أَخْبَرَنَا شُعْبَةُ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ زِيَادٍ قَالَ سَمِعْتُ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ كَانَ يَمُرُّ بِنَا وَالنَّاسُ يَتَوَضَّئُونَ مِنْ الْمِطْهَرَةِ وَيَقُولُ أَسْبِغُوا الْوُضُوءَ قَالَ أَبُو الْقَاسِمِ وَيْلٌ لِلْأَعْقَابِ مِنْ النَّارِ قَالَ أَبُو مُحَمَّد هَذَا أَعْجَبُ إِلَيَّ مِنْ حَدِيثِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو

Celakalah tumit-tumit (yang tak terkena air wudhu, akan terkena) api neraka' . Abu Muhammad berkata:
Hadits ini lebih membuatku kagum dibandingkan dgn hadits Abdullah bin 'Amr. [HR. Darimi No.701].

Hadits Darimi No.701 Secara Lengkap

[[[Telah mengabarkan kepada kami [Hasyim bin Al Qasim] telah menceritakan kepada kami [Syu'bah] dari [Muhammad bin Ziyad] ia berkata: "Aku pernah mendengar [Abu Hurairah] radliallahu 'anhu ia bercerita: 'Dia pernah melewati kami dan orang-orang berwudhu dari tempat berwudhu, lalu ia berkata: 'Sempurnakanlah wudhu kalian, Abu Al Qasim shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: 'Celakalah tumit-tumit (yang tidak terkena air wudhu, akan terkena) api neraka' ". Abu Muhammad berkata: "Hadits ini lebih membuatku kagum dibandingkan dengan hadits Abdullah bin 'Amr".]]]

Hadits ini menjelaskan kewajiban berwudhu dengan membasuh kaki hingga mata kaki. Ancamannya adalah neraka seandainya ketika mencuci kedua kaki, tidak menyertakan kedua mata kaki. Sebab wudhu’ itu menjadi tidak sah, bukan?

Dan bila wudhu’ tidak sah, tentu saja shalat yang dilakukannya tidak sah juga. Maka wajar saja bila seseorang yang wudhu’nya tidak sampai membasahi kedua mata kakinya, bisa masuk neraka. Sebab tindakan itu membuat shalatnya juga tidak sah. Dan orang yang tidak sah shalatnya akan terhitung sebagai orang yang tidak shalat. Dan orang yang tidak shalat tentu akan masuk neraka.

Maka dengan demikian, hadits ini memang benar. Yaitu hanya gara-gara mata kaki (yang tidak ikut dibasahi waktu wudhu’), seseorang bisa masuk neraka.

Begitulah ulama jaman dahulu, bagaimana mereka memikirkan nasib tumit-tumit umatnya agar tumit mereka tidak masuk ke dalam neraka, maka dibuatlah kolam-kolam berisi air di atas mata kaki, yang fungsinya adalah agar apabila ada seseorang yang wudhunya tidak sempurna karena tumitya tidak terbasuh air, maka saat telah selasai wudhu ia akan  masuk dan melewati  kolam tersebut dan air akan otomatis membasuh seluruh telapak kaki dan tumit-tumit mereka yang tidak terbasuh hingga atas mata kaki mereka, sebagaimana syarat sahnya wudhu.

Subhanallah...



[www.beritaislamterbaru.org]